Saturday, November 12, 2011

Vietnam Pesta Gol Ke Gawang Brunei

Jakarta: Vietnam mencatat kemenangan terbesar pada SEA Games 2011, setelah menggunduli Brunei Darussalam 8-0 dalam pertandingan Grup B di Stadion Lebak Bulus, Sabtu (12/11). Sebelumnya, kemenangan terbesar diraih Indonesia ketika menggasak Kamboja 6-0.

Hasil ini membawa Vietnam memuncaki klasemen sementara dengan nilai sepuluh, dari empat pertandingan yang telah dijalani. Vietnam unggul tiga angka dari Myanmar yang melakoni tiga laga, dan empat poin dari Timor Leste yang juga baru menyelesaikan tiga pertandingan.

Sementara Brunei yang telah menyelesaikan empat laga baru mengumpulkan satu angka, sehingga terdampar di dasar klasemen sementara.

Vietnam memperlihatkan keunggulan kualitasnya di laga ini dengan menerapkan permainan agresif. Laga baru berjalan satu menit, Vietnam sudah ungguk melalui tandukan Nguyen Van Quyet.

Gol cepat itu menumbuhkan motivasi Vietnam. Pada menit ke-12, Van Quyet menggandakan keunggulan tim besutan Falko Goetz ini. Van Quyet mencetak hat-trick selang satu menit kemudian.

Dominasi Vietnam terus berlanjut. Kiper Brunei Junaidi bin Akim memungut bola dari jalanya untuk kali keempat ketika Pham Than Luong membobol gawangnya pada menit ke-15. 4-0 untuk Vietnam

Selang tiga menit kemudian, Le Van Thang berhasil menerobos pertahanan Brunei guna memperbesar keunggulan Vietnam. Tim Negeri Paman Ho mencetak gol setengah lusin di menit ke-30 melalui Hoang Van Binh.

Vietnam tidak menghentikan serangannya ke pertahanan Brunei, sekalipun telah menggelontorkan enam gol ke gawang lawan. Kendati demikian, skor 6-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Vietnam masih belum puas dengan enam gol yang mereka lesakkan di 45 menit pertama. Umpan panjang dari lini tengah disambut Le Hoang Thien untuk mengubah papan skor menjadi 7-0 di menit ke-57.

Unggul tujuh gol tanpa balas, Veitnam sedikit menurunkan tempo permainan. Kendati demikian, unggulan di Grup B ini masih bisa menambah satu gol lagi di menit ke-72 melalui gol Dinh Than Trung.

Selain menelan kekalahan telak dari Vietnam, Brunei juga harus kehilangan satu pemain saat Hamizah bin Sulaiman diusir keluar lapangan sepuluh menit sebelum pertandingan berakhir.

Berita Utama